Awal mengenal OS Ubuntu saat bekerja di UPINet-. Saat itu mendapat beberapa kepingan CD Ubuntu langsung dari luar negeri secara gratis. Entah itu USA atau Eropa. CD Ubuntu saat itu bersampul biru. Saat itu OS Ubuntu hanya dijadikan OS Alternatif yang saya install di PC Sekolah tempat mengajar. Setelah itu OS Ubuntu “terlupakan”.

Tampilan instalasi OS Ubuntu 20.04 di PC

Pertengahan Oktober 2022 menjadi bulan baru “mengenal kembali” Operating Sistem Ubuntu. Awalnya OS ini saya pasang di PC mau dijadikan OS Alternatif. Jadi mau dijadikan dual mode. Tetapi saat proses instalasi ada yang kurang, akhirnya saya install full satu OS Ubuntu 20.04 meninggalkan OS nya Bill Gates hehe.

OS Ubuntu untuk PC sekarang sudah seperti OS nya Bill Gates. Jadi untuk pemula seperti saya tidak perlu penyesuaian banyak menggunakan operating Sistem Linux ini. User interface nya sudah mirip OS Papa Bill Gates.

Kendala utama penggunaan OS Ubuntu ini adalah banyak software yang belum mendukung. Jadi harus banyak mencari referensi mengenai software software yang mendukung sistem operasi Linux Ubuntu. Selain Kendala software, ada hardware yang tidak mendukung. Dongle penerima signal WiFi yang saya gunakan belum dapat terdeteksi. Hal ini menjadikan serta mendorong saya  belajar banyak  dari YouTube, Telegram grup dan Google mengatasi kendala-kendala yang ditemukan.

Alsan menggunakan OS Linux Ubuntu

Mengapamenggunakan OS Linux Ubuntu? Berikut beberapa alasan pribadi menggunakan operating Sistem Linux Ubuntu:

1. Gratis. Tidak seperti  Windows yang menharuskan membayar lisensi. Jika memakai OS bajkan, sama saja seperti mencuri kata Ustadz mah.

2. Lebih aman. Saat membeli PC rakitan baru, seringkali terinstall OS Windows juga software bajkan. Hal ini rentan disisipi software jaht. Jadi saya format hardisk dan pasang OS yang open source.

3. Lebih ringan digunakan dibandingkan sistem operasi Windows. Jadi dengan spesifikasi perangkat keras “minim” namun bisa menjalankan kerja kerja perangkat lunak. Tampilan juga sudah seperti “OS biasa”.

4. Rasa ingin tau. Alasan keempat alasan diluar OS Linux Ubuntu itu sendiri hehehe. Alasan pribadi.

Pembaca Eblog disini, ada yang memakai OS Linux Ubuntu ini? Share dong pengalaman temen-temen menggunakan operating Sistem Linux Ubuntu !

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *