Cara Tambah Daya PLN bisa melalui telpon ke customer care PLN 123 sangat mudah. Hari ini, saya menulis pengalaman  tambah daya PLN.

PERSIAPAN SEBELUM MENELPON CS PLN 123

Sebelum menelpon layanan PLN 123, siapkan data-data yang menjadi syarat tambah daya. Hal ini penting jangan sampai saat menelpon direpotkan mencari data yang diminta CS PLN. Berikut yang diperlukan  :

1. Nomor ID PLN dan Nama Pelanggan. Jjika nama pelanggan dengan penanggung jawab tambah daya berbeda, maka akan diminta nomor KTP tambahan, yaitu penanggung jawab tambah daya.
2. KTP Pelanggan dan Penanggung jawab tambah daya. Layanan pelanggan PLN akan meminta nomor KTP Penanggung jawab tambah daya. Jika penelpon 123 berbeda dengan pemilik ID pelanggan PLN maka CS PLN 123 akan meminta KTP Anda sebagai penelpon.
3. Siapkan  nomor kontak HP dan alamat email pelanggan.
4. Siapkan alat tulis / catatan untuk mencatat nomor Registrasi Non Tagihan Listrik (Non-Taglis PLN).

Setelah data diatas siap, telpon layanan pelanggan PLN123. Menelpon ke 123 bisa melalui telpon rumah ataupun HP tanpa harus memasukkan kode kota.

MENELPON CS PLN 123

Telponlah CS PLN 123 melalui handphone atau telpon rumah. Sebutkan nama serta berikan data ID Pelanggan PLN yang diminta dengan benar. Layanan pelanggan PLN123  akan memandu langkah serta meminta data yang diperlukan. Saat saya melakukan tambah daya, data yang diminta :

  • ID Pelanggan PLN,
  • Nama pelanggan,
  • nomor KTP penanggung jawab tambah daya (yang telpon),
  • nomor KTP pemilik rumah/pelanggan PLN,
  • alamat lengkap pemasangan,
  • nomor kontak dan
  • alamat email.

Jika semua data sudah diberikan maka akan keluar nomor registrasi tambah daya. CS juga akan memeberikan informasi mengenai jumlah tagihan yang harus dibayar pelanggan.

Selain itu, customer service PLN123 akan menanyakan topup perdana saat tambah daya baru. Topup perdana  daya baru berkisar nominal 5.000 sampai 1.000.000. Pelanggan bebas menentukan jumlah topup perdana. Saya sendiri memilih  topup yang 100-ribu.

MELAKUKAN PEMBAYARAN TAGIHAN NON TAGLIS

Pembayaran non tagihan listrik (non-taglis) bisa dibayar melalui Kantor POS, Bukalapak, Tokopedia atau minimarket. Saya melakukan pembayaran non-taglis melalui Bukalapak. Biaya admin di Bukalapak hanya 2.500 rupiah.
Detail biaya upgrade (tambah dari dari 900VA ke 1.300) saat saya mengajukan tambah daya :
– Biaya tambah daya 374.800
– Topup perdana 100.000
————————-
Total tagihan non-taglis 474.800

MENUNGGU PETUGAS DATANG

Langkah selanjutnya menunggu pihak instalasi PLN menghubungi. Selanjutnya, petugas datang ke lokasi pelanggan. Sebelum petugas datang, alangkah baiknya kita mempersiapkan :
1. 2 lembar materai 6.000
2. Fotocopy KTP pelanggan dan penanggung jawab tambah daya.

Sangat mudah. Oleh karena, semua pasti bisa tambah daya pln melalui PLN123 tanpa calo.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *