traveling

Wisata Gratis Sekitar Bandung : Kebun Teh Sukawana (1)

Iseng-iseng cari di Google Maps rute-rute hijau jalan kaki di sekitar Lembang Bandung, eh nemu tempat-tempat yang mantap untuk dikunjungi. Setelah “menemukan” Bukit Bintang. Saya lihat-lihat ke bagian lebih barat dan lebih hijau lagi dari Bukit Bintang Lembang Bandung. Jreng … akhirnya menemukan kebun Teh Sukawana Bandung.

Kebun Teh Sukawana merupakan area perkebunan teh yang dikelola PTPN VIII. Perkebunan teh Sukawana ini terletak di desa Kertawangi, kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat. Namun, banyak yang menyebut Kebun Teh Sukawana Parongpong. Bahkan ada yang menyebutkan merupakan bagian dari Lembang.

Kebun Teh Sukawana
Sarapan terlebih dahulu sebelum mulai menjelajahi perekebunan.

Akses menuju kebun Teh Sukawana

Ada beberapa pilihan jalan menuju ke kebun Teh Sukawana dari arah Kota Bandung :
1. Pilihan pertama, dari Terminal Ledeng arah Parongpong melalui jalan Sersan Badjuri lalu Jalan Kolonel Masturi, selanjutnya masuk ke Jalan Sukawana. Sebelum wabah masih ada Angkutan umum Angkot dari dekat terminal Ledeng menuju arah Parongpong, angkotnya warnanya putih hijau. Namun kini sudah tidak beroperasi. Angkutan lainya Gocar, Ojek, atau jika rombongan bisa menyewa angkot sekitar terminal Ledeng.
Jika menggunakan angkot bisa ke Lembang dengan naik angkutan Angkot St. Hall – Lembang (dari Statsiun Kota Bandung).  Dari Pasar Lembang lanjut menggunakan Angkot Lembang – Parongpong (warna kuning muda). Lalu turun di pertigaan Sukawana selanjutnya berjalan kaki sekitar 1 km.

2. Pilihan kedua, jika dari arah Lembang  melalui Lembang – Jalan Kolonel Masturi – Jalan Sukawana. Angkutan umum menuju kebun Teh sukawana bisa menggunakan Angkot Lembang – Parongpong (warna kuning muda) ongkosnya hanya 5.000 rupiah saja. Lalu turun di pertigaan dekat kolmas selanjutnya berjalan kaki sekitar 1 km.

Sebenarnya ada rute lain yaitu Cimahi – Parongpong. Namun saya belum pernah mencoba rute ini. Hanya melihat angkot Cimahi Parongpong yang mengetem di terminal Parongpong.

Bagaimana spot, fasilitas, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disana? Saya bahas pada tulisan kedua Wisata Gratis Sekitar Bandung : Kebun Teh Sukawana bagian 2.