traveling

Mendaki Bukit Bintang Lembang Bandung

Nama Bukit Bintang di sekitar Kota Bandung ada dua, pertama Bukit Bintang Cimenyan yang ada di daerah Cimenyan kabupaten Bandung dan yang kedua Bukit Bintang Lembang yang berada di  Lembang, Bandung Barat. Kali ini yang akan saya bahas adalah Bukit Bintang Lembang Bandung berada di daerah desa Cibogo kecamatan Lembang Bandung Barat.

Pertamakali “menemukan” tempat ini ketika mencari di GoogleMaps tempat-tempat wisata arah utara Lembang Bandung. Di bagian ulasan tempat wisata ada lebih dari 1.000 ulasan. Dengan sebanyak itu ulasan mungkin tempat ini cukup dikenal. Ketika melihat di GoogleMaps, saya melihat jalur menuju ke Bukit Bintang melalui jalan Gunung Putri.

Jalan diatas pangkalan Ojek samping SMK 45 Lembang menjadi titik awal perjalanan hiking saya, lalu melalui gang kecil diantara rumah-rumah penduduk menuju jalan Gunung Putri. Perjalanan dari titik awal sampai dengan gerbang tiket masuk bukit ditempuh jalan santai sekitar 1 jam. Perajalan menuju puncak tidak terlalu berat karena sepanjang jalanan sudah beraspal dan dapat dilalui mobil sampai pos masuk. Saat saya malakukan perjalanan suasana diperjalanan sangat sejuk bahkan dingin berembun karena suasana saat perjalanan setelah hujan kecil.

Perjalanan Bukit Bintang
Suasana Perjalanan Penuh embun

Sesampainya di pos tiket masuk dan tanya ini itu ke emak-emak pedagang sekitar pos, akhirnya saya memutuskan untuk mendaki bukit. O iya tiket masuknya Rp. 10.000 tanpa biaya parkiran, karena tidak memawa kendaraan.

Mendaki dari pos tiket sampai dengan puncak bukit sekitar 10 menitan dengan jalan santai. Kiri kanan dipenuhi pohon pinus dengan udara yang sangat sejuk. Jalur pendakian bukit sudah tersedia tangga yang nyaman, jadi tidak khawatir dengan licinya tanah bukit.

Sesampainya di puncak bukit terhampar pepohonan pinus dengan diantara pepohonan tersebut tersedia lahan untuk mendirikan tenda (camping ground). Selain itu tersedia fasilitas gazebo berteduh dan mushola. Jadi Bukit Bintang Lembang Bandung bukan hanya cocok untuk yang hobi hiking juga cocok untuk yang camping dan menikmati suasana malam diatas perbukitan sekitar kota.

Dari atas bukit bisa terlihat dari kejauhan suasana kota Bandung, juga gunung-gunung yang mengelilingi seputar Kota Bandung dapat terlihat dari kejauahan. Hijaunya pepohonan hutan pinus dan hutan sekitar bukit merefresh fikiran setelah berlelah mendaki sekitar satu jam perjalanan. Putihnya awan dan hembusan angin semakin menambah fresh nya suasasana diatas bukit.

Tempat Wisata Bukit bintang buka 24 jam artinya tempat wisata ini merupakan tempat wisata alam untuk camping (camping ground). Juga tidak perlu khawatir juga pasokan pendukung camping seperti air minum, makanan, kayu bakar, dan lainya. Karena semua keperluan pendukung camping tersedia di warung warung dibawah bukit tempat parkiran kendaraan.

Suasana malam Kerlip lampu-lampu dari arah Kota Bandung dan sekitar Lembang  bisa terlihat dari ketinggian bukit bintang, jadi kenapa nama bukit ini dinamakan bukit bintang. Karena lampu lampu dari arah Kota Bandung dan sekitarnya seperti kerlip bintang saat dilihat dari bukit ini.