coratcoret

Tinjauan Harga : Beli Langsung VS Pesan Antar Makanan Melalui Aplikasi

Hari ini mencoba membandingkan harga makanan yang sama dari restoran yang sama, dengan cara dibeli langsung dibandingkan dengan pesan online via aplikasi pesan antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan Shopeefood.

Hasilnya adalah …
Pesan makanan melalui aplikasi pemesanan lebih mahal daripada beli langsung. Ya iyalah semua orang juga tau … mungkin. Walaupun di aplikasi pesan-antar makanan tersebut sedang ada potongan harga sampai dengan 30  persen, tapi tetap jatuhnya lebih mahal. Hal ini terjadi karena harga yang tertera pada aplikasi seperti GoFood, harganya sudah di up untuk bagi hasil yang diperoleh restoran ke aplikator. Selain itu penaikan harga makanan di list aplikator, juga ada biaya antar dan biaya admin.

Berikut penampakan contoh perbandingan harganya, antara struk yang dikeluarkan oleh kios makanan dan harga yang tertera dari aplikasi penyedia pesan-antar makanan :

Resi Pesanan Langsung
Struk pembelian secara langsung

 

Resi Online
Struk Pembayaran Secara Online

Jika diperhatikan harga total barang jika dibeli langsung :
dua jenis kue adalah 2 x Rp. 15.000 = Rp. 30.000

Sedangkan jika secara online :
dua jenis kue adalah 2 x Rp. 20.000 = Rp. 40.000
Biaya pengiriman (sekitar 600 meteran) = Rp. 10.000
Biaya Tambahan = Rp. 5.000
Biaya layanan (masih gratis).
Total uang yang harus dikeluarkan untuk dua jenis kue yang sama dari restoran yang sama adalah 55.000 , jadi jika ada diskon 30 persen maka sebenernya tetep lebih mahal apalagi jika jarak antara restoran dan pelanggan lebih jauh tentu lebih mahal, sedangkan yang saya ujicobakan berjarak dibawah 1 km dan hanya 10.000.

Walaupun lebih mahal harganya, tapi ada kelebihanya jika pesan secara online dibanding beli langsung yaitu  :
1. Menghemat waktu perjalanan menuju resto, apalagi jika ada deadline tugas kuliah atau ada pekerjaan, tentu pesan melalui online sangat membantu.
2. Tidak perlu antri, jadi hemat waktu mengantri jika restoranya padat.
3. Di tengah wa.bah seperti sekarang ini, jadi lebih aman.
4. Menjadi ladang amal buat ojek pengantar makanan karena dapat rejeki dari pemesan.

Kesimpulanya, sebelum kalap jajak lebih bijak dan sesuaikan dengan sidom, jangan terlalu kalap jika ada diskon di app pesan-antar makanan, lebih bijak dan di hitung ulang. Apalagi buat anak kosan di akhir bulan hehehe.